image

Pangeran Sukma Jati

081296609372


Perumahan Maharani Village Blok D.10 Jalan. Cigugur Girang Kp. Sukamaju Rt/Rw 05/05 Desa Cigugur Girang Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat. Jam praktek: Pk. 08.00 s.d 17.00 WIB
TESTIMONIAL & GALLERY KEGIATAN

Lencana Foto / Facebook
Chat dengan Pangeran

081910095431
081296609372

081296609372
081296609372

Jam praktek: Pk. 10.00 s.d 17.00 WIB

SOCIAL MEDIA SUKMA JATI
PENGIRIMAN & HISTATS

Flag Counter

SLINK

Rahasia Ilmu Debus

image

Apa itu Debus?

Debus adalah suatu pertunjukkan seni yang memperlihatkan Kekuatan Fisik, Beladiri dan Kekuatan Magis (Kekebalan dsb). Debus adalah Kebudayaan Asli Banten yang mulai ada sejak abad ke-16 M saat kepemimpinan Sulthan Maulana Hasanuddin Banten (1532 -1570 M ). Saat itu debus digunakan sebagai sarana Penyebaran Agama Islam, dilatar belakangi kebudayaan masyarakat Banten saat itu yang gemar dalam pertunjukkan adu kesaktian dan kekuatan tubuh. Untuk menarik Perhatian dan simpati masyarakat, maka Sulthan Maulana Hasanuddin mengemas suatu bentuk pertunjukkan seni yang memperlihatkan kesaktian dan kekuatan fisik, sekaligus memiliki nilai dakwah tersendiri.

Kata Debus dalam bahasa Arab berarti tongkat besi dengan ujung runcing berhulu bundar. Istilah debus juga menurut sebagian orang berasal dari salah satu daerah di Timur Tengah yaitu Al-Madad yang kala itu diperkenalkan sebagai salah satu cara penyebaran agama islam. Debus yang dikenal di Banten saat ini memang identik dengan kata "Al-madad" yang secara praktis merujuk pada istilah sebuah benda yang berbentuk tongkat besi dengan ujung runcing berhulu bundar. Dari sumber yang lain, dikatakan bahwa debus berasal dari tarekat Rifa'iyah  Nuruddin al-Raniri yang masuk ke Banten oleh para pengawal Cut Nyak Dien (18481908 ).

Sebelum permainan debus dimulai, terlebih dahulu pemain debus melakukan persiapan yang matang termasuk ritual tertentu, berdasarkan pengalaman salah satu Mantra yang diucapkan oleh pemain debus adalah kata "Al-Madad" yang dimaksudkan meminta pertolongan kepada Allah SWT agar diberi kekuatan dan keselamatan. Selain itu juga kalimat-kalimat yang dilontarkan pemain debus saat melakukan aksinya adalah Sholawat, Tahlil dan Takbir. Sehingga pertunjukkan ini bukan hanya menarik dan seru untuk disimak namun juga mengandung muatan Dakwah dan Pujia-pujian kepada Allah SWT.

Permainan debus tidak bisa dilakukan oleh sembarangan orang, mereka harus memiliki keahlian khusus. Sebelum tampil, pemain debus harus terlebih dahulu digembleng oleh guru mereka baik secara fisik maupun bathin. dengan melakukan Riyadloh tertentu seperti puasa dan wirid sebuah Mantra atau Hizib tertentu. Setelah murid selesai melakukan Riyadlohnya, kemudian diadakan "selametan" tanda syukur dan simbol kelulusan Riyadloh. Barulah kemudian untuk memantapkan ilmu yang telah dimilikinya, guru melakukan uji coba kepada murid dengan kekebalan, seperti dibacok, diiris dengan golok, Silet, duri salak, beling, petasan dsb. Selengkapnya...

Fri, 15 Nov 2013 @11:13


2 Komentar
image

Tue, 10 Dec 2013 @22:55

Rizky

Assalamu`alaiku wr.wb
ki aku mau minta tolong di transfer ilmu khodam macan puti leve 3 bisa nggak ki sukma.
sekian dan trima kasi.
waalaikum salam wr.wb,,,

image

Fri, 7 Feb 2014 @20:14

adam syahpadlillah

Assalamu'alaikum wr.wb
Ki aku mau mnta tlong di transfer ilmu khodam sapu jagad. Bisa ki sukma. Mksih skian dantrima ksih.
Waalaikum salam wr.wb


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 5+9+0

Produk Utama
Komentar Terbaru
Testimoni













Copyright © 2017 padepokanintisemesta.com · All Rights Reserved



Powered By sitekno