image

Pangeran Sukma Jati

081296609372


Perumahan Maharani Village Blok D.10 Jalan. Cigugur Girang Kp. Sukamaju Rt/Rw 05/05 Desa Cigugur Girang Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat. Jam praktek: Pk. 08.00 s.d 17.00 WIB
TESTIMONIAL & GALLERY KEGIATAN

Lencana Foto / Facebook
Chat dengan Pangeran

081910095431
081296609372

081296609372
081296609372

Jam praktek: Pk. 10.00 s.d 17.00 WIB

SOCIAL MEDIA SUKMA JATI
PENGIRIMAN & HISTATS

Flag Counter

SLINK

Unsur-unsur Permainan Debus Banten

image

Pertunjukkan Debus merupakan pertunjukkan kesenian tradisonal yang diperankan oleh orang yang memiliki keahlian khusus dan sudah berlatih secara professional. dalam pertunjukkannya permainan debus tidak bisa dilakukan secara sendirian, namun membutuhkan perangkat lainnya. berikut komponen yang ada pada pertunjukkan kesenian debus:

1. Pemain Debus:  terdiri dari Pemimpin yang disebut Syech, Pezikir, Pemain Debus dan Penabuh Kendang. Peranan Syech adalah memimpin jalannya pertunjukkan biasanya merangkap juga sebagai Guru Debus, menentukan jenis permainan yang akan ditampilkan, mempersiapkan anggotanya, menentukan jumlah pemain dan jalannya alur permainan debus. Pezikir bertugas melantunkan kalimat-kaliat zikir dan Sholawat sebagai sarana doa guna memohon kekuatan dan keselamatan kepada Allah SWT saat bermain debus. Zikir dan Sholawat yang dibacakan ini membantu menciptakan suasana Islami dan muatan dakwah dalam melihat kebesaran Ilmu Allah SWT. Peranan pemain debus adalah sebagai pemain inti, seorang pemain harus sudah siap secara dzohir dan bathin, siap fisik dan mentalnya tidak boleh ragu dan harus mantap dalam melakukan aksinya. jika ada keraguan atau kurang konsentrasi maka bisa menimbulkan suatu kegagalan atau bahkan kecelakaan yang fatal. Biasanya sebelum acara dimulai, 1 - 2 minggu sebelumnya para pemain menjaga kesucian diri dengan  menghindari pantangan-pantangan tertentu, misalnya tidak boleh main perempuan (Zina), Mabuk-mabukan, dan semua yang dilarang agama. Penabuh kendang berperan  memainkan alat musik kendang.

2. Kendang: Kendang adalah alat musik sebagai pengiring debus. terdiri dari 1. Gendang Besar, 2. Gendang Kecil, 3.Rebana 4. Seruling, dan 5. Kecrek. dalam memainkan alat musik ini harus seirama dengan gerakan silat pemain debus, saat melakukan tendangan dan pukulan. Begitu pula temponya baik saat Gerakan pembuka, Gerakan Inti, Kembang maupun penutup.

3. Peralatan Permainan: peralatan yang digunakan saat permainan debus, tergantung jenis permainan yang akan ditampilkan. Secara umum yang biasa ditemui antara lain:

Fri, 15 Nov 2013 @11:08


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 1+9+7

Produk Utama
Komentar Terbaru
Testimoni













Copyright © 2017 padepokanintisemesta.com · All Rights Reserved



Powered By sitekno