image

Pangeran Sukma Jati

081296609372


Perumahan Maharani Village Blok D.10 Jalan. Cigugur Girang Kp. Sukamaju Rt/Rw 05/05 Desa Cigugur Girang Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat. Jam praktek: Pk. 08.00 s.d 17.00 WIB
WORKSHOP / GATHERING
TESTIMONIAL & GALLERY KEGIATAN

Lencana Foto / Facebook
Chat dengan Pangeran

081910095431
081296609372

081296609372
081296609372

Jam praktek: Pk. 10.00 s.d 17.00 WIB

SOCIAL MEDIA SUKMA JATI

SLINK

Telisik Kekeramatan Makam Mbah Lambak, Banyumas

Makam Mbah Lambak selalu ramai peziarah, apalagi setiap menjelang pelaksanaan Pilkada dan pemilu. Keberadaan makamnya ada diantara makam-makam tua dan tidak jauh dari makam Raden Jaka Kahiman atau Adipati Mrapat, Bupati Banyumas pertama.

Cungkup makam Mbah Lambak terbuat dari kayu dan cukup terawat, ada sejumlah tumbuhan yang tumbuh di sekitar makamnya. Di area makamnya persis dekat batu nisan yang terbuat dari batu, terlihat bekas kemenyan yang dibakar oleh peziarah. Abu kemenyan menggunung isyaratkan cukup banyak peziarah yang bertafakur di situ.

Kondang di masyarakat setempat, bahwa makam tua itu sangat keramat. Peziarah datang dari berbagai daerah di kawasan lingkar Banyumas. Beragam doa mereka baca, dengan harapan keinginannya bisa lekas terkabul. Yang datang untuk berziarah meningkat, disaat menjelang pelaksanaan Pilkada, Pemilihan Anggota DPR dan Pemilihan Presiden.


Permohonan Pada Tuhan

Spiritualis Banyumas KRHT Sigit Sulistiyono menjelaskan, pada hari-hari tertentu makam tua itu selalu ramai dikunjungi oleh pengalap berkah dari berbagai daerah di Banyumas. "Makam Mbah Lambak dipercaya dapat digunakan sebagai tempat permohonan kepada Tuhan" kata SIgit.

"Menjelang pelaksanaan Pilkada selalu ada yang lain di makam itu, yakni batu nisan makam Mbah Lambak dapat digunakan sebagai sarana untuk laku permohonan, agar dapat menjadi pemimpin" imbuh Sigit.

Umborampe yang wajib dibawa saat berziarah tutur Sigit, diantaranya kembang mawar, kanthil, kemenyan dan minyak. Semua uborampe itu diletakkan persis di depan nisan dan kemenyan yang dibawa, terusdibakar. Lalu siapa sejatinya Mbah Lambak, diungkap Sigit beliau adalah putra dari Mbah Abdushshomad Jombor, makamnya berada di Desa Cipete, Kecamatan Cilongok, Banyumas. Mbah Abdushshomad ini adalah salah satu penyebar agama Islam di tanah Jawa.

Suatu saat Mbah Abdushshomad menyuruh Mbah Lambak mengikuti sayembara yang diadakan oleh Adipati Mrapat atau Raden Jaka Kahiman, dan pemenangnya jika pria itu akan dinikahkan dengan putrinya dan Mbak Lambaklah sebagai pemenangnya. "Tidak jarang ketika menjelang pemilihan bupati, nisan di makam Mbah Lambak hilang" tandas Sigit.


Fri, 25 Oct 2019 @21:56


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Produk Utama
Komentar Terbaru
Testimoni













Copyright © 2019 padepokanintisemesta.com · All Rights Reserved



Powered By sitekno