image

Pangeran Sukma Jati

081296609372


Perumahan Maharani Village Blok D.10 Jalan. Cigugur Girang Kp. Sukamaju Rt/Rw 05/05 Desa Cigugur Girang Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat. Jam praktek: Pk. 08.00 s.d 17.00 WIB
WORKSHOP / GATHERING
TESTIMONIAL & GALLERY KEGIATAN

Lencana Foto / Facebook
Chat dengan Pangeran

081910095431
081296609372

081296609372
081296609372

Jam praktek: Pk. 10.00 s.d 17.00 WIB

SOCIAL MEDIA SUKMA JATI

SLINK

Khasiat Daun Suji Dari mengobati Disentri hingga Sistem Imun

Dalam bidang pangan, daun suji dimanfaatkan sebagai bahan pewarna makanan. Aromanya yang harum menjadi makanan lebih enak. Sedangkan pucuj mudanya bisa dibuat menjadi sayur.

Di bidang pengobatan, daun suji sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai jenis penyakit seperti, keracunan, beri-beri, sakit perut, kolestrol dan lain sebagainya. Daun suji biasanya berbentuk lancet-garis, daunnya agak kaku, memiliki warna hijau gelap, ujungnya runcing dengan panjang 10-25 cm dan lebar 0,9-15 cm.

Tanaman ini banyak tersebar du kawasan India, Indonesia, Birma (Myanmar), Thailand, Cina bagian selatan, Filipina, Australia dan New Guinea. Tanaman suji dapat tumbuh subur sampai ketinggian 1000 Meter di atas permukaan laut. Tanaman ini hidup didaerah pegunungan atau dekat dengan aliran sungai yang kecil. Berikut manfaat daun suji untuk kesehatan dan pengobatan berbagai penyakit:

Obat Disentri

Daun suji mengandung saponin yang sangat bermanfaat untuk mengobati disentri. Dengan meraciknya menjadi ramuan, disentri dapat sembuh hanya dengan mengkonsumsi ramuan dari daun suji. Berikut cara meramunya:

Pertama cuci bersih terlebih dahulu daun suji sebanyak tiga lembar daun suji, setelah itu rebus dengan air bersih sebanyak 200 ml (2 gelas), sampai tersisa 1 gelas air. Lalu saring air rebusan daun suji dan minum setelah dingin. Untuk khasiat yang lebih baik, minum dua kali sehari, yaitu pagi dan sore.


Obat Beri-Beri

Kandungan saponin pada daun suji juga sangat bermanfaat untuk memgobati penyakit beri-beri. Cara meracik atau meramunya sama seperti ramuan obat disentri.

 

Menurunkan Kolestrol

Kolestrol merupakan penyakit yang banyak sekali diderita oleh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, sayangi diri kita dengan selalu menjaga kesehatan. Salah satunya dengan mengatur pola makan dan pola hidup kita. Namun jika sudah terkena kolestrol, anda bisa menanganinya dengan cara yang sangat sederhana dan alami, yaiu dengan meminum rebusan daun suji. Kandungan zat saponin daun suji dapat mengikat kolestrol dalam darah, sehingga kolestrol pun akan berangsur turun.

Berikut cara membuat ramuan daun suji untuk menurunkan kolestrol. Siapkan lima lembar daun suji yang sudah di cuci bersih, rebus dengan takaran air sebanyak dua gelas, sisakan setengahnya saja, dan minum 3 kali sehari.

 

Kesehatan Kulit

Radikal bebas di sekeliling kita juga dapat mengakibatkan kerusakan pada kulit, yang membuat kulit menjadi kusam dan rentan terkena  penuaan. Kerusakan pada kulit ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi rebusan daun suji. Dengan adanya kandungan polifenol dalam daun suji, kerusakan kulit dapat mudah dicegah dan diatasi.

 

Sistem Imun

Kita tahu bahwa vitamin C sangat berguna untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh, namun bukan hanya vitamin C saja kandungan polifenol dalam daun suji juga bisa meningkatkan sistem imun (kekebalan) pada tubuh. Bahkan zat polifenol ini bukan hanya membuat sistem imun tubuh meningkat saja, namun juga bisa mencegah timbulnya bermacam penyakit di dalam tubuh.

 

Darah

Bamyak penyakit yang muncul akibat aliran darah dalam tubuh yang tidak lancar. Penyakit-penyakit seperti pertemsi, tekanan darah tinggi, stroke, jantung dan kardiovaskular dapat mudah muncul apabila aliran darah dalam tubuh tidak lancar. Kandunga polifenol daun suji dapat melancarkan aliran darah dalam tubuh. Ia dapat merenggangkan pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lancar. Cara mengkonsumsinya cukup mudah, yaitu dengan meminum air rwbusan daun suji secara teratur, 3x sehari.

 

Sel

Adanya radikal bebas disekeliling kita juga dapat mengakibatkan kerusakan sel dalam tubuh. Namun jangan khawatir, karena kerusakan sel ini dapat diatasi dengan manfaat daun suji. Kandungan polifenol dan flavonoid daun suji dapat menangkal radikal bebas. Caranya dengan mengkonsumsi rebusan daun suji secara rutin 3x sehari.

 

Gusi Berdarah

Kita mungkin pernah mengalami pendarahan pada gusi, gusi yang berdarah disebabkan karena adanya infeksi dari bakteri-bakteri yang ada dalam gusi. Untuk mengatasinya, cukup dengan berkumur-kumur menggunakan air rebusan daun suji yang masih hangat.


Melancarkan Pencernaan

Daun suji memiliki kandungan zat tanin yang sangat bermanfaat untuk memperlancar pergerakan makanan dalam usus. Apabila pencernaan lancar, maka kita akan terhindar dari penyakit sembelit.

 

Sakit Perut

Zat flavonoid dan tanin dalam daun suji ternyata juga bisa mengobati sakit perut. Hal ini disebabkan karena zatnya bersifat antiseptik atau anti bakteri, sehingga sakit perut hilang BAB pun lancar. Caranya dengan mengonsumsi air rebusan daun suji minimal 2x sehari.

 

Sakit Gigi

Bukan hanya sakit perut dan gusi berdarah yang bisa diobati dengan daun suji, sakit gifi juga bisa diredakan dengan mengkonsumsi air rebusan daun suji. Ini berkat adanya zat tanin dan flavonoid yang berperan sebagai antiseptik dan menghilangkan bakteri-bakteri penyebab sakit gigi.

 

Obat Batuk Berdarah

Daun suji memiliki kandungan zat alkaloid yang bermanfaat untuk meredakan infeksi dalam tenggorokan. Infeksi yang terjadi di dalam tenggorokan dapat mengakibatkan batuk berdarah pada seseorang. Penyakit ini apabila di diamkan atau diabaikan akan menjadi parah dan sulit untuk disembuhkan. Oleh karena itu, apabila kita terjangkit batuk, baik itu natuk biasa maupun batuk berdarah segera lekas diobati. Nah, untuk mengobatinya ada cara alami, salah satunya dengan daun suji.

Berikut ini cara membuat ramuan daun suji untuk mengjilangkan batuk berdarah. Siapkan 15 lembar daun suji lalu cuci bersih, lalu tumbuk daun suji sampai halus, seduh dengan air mendidih sebanyak 100 ml, kemudian peras daun suji dan minum selagi hangat setiap pagi dan sore.

 

Kencing Bernanah

Keunggulan dari daun suji salah satunya dari adanya kandungan saponin. Zat saponin ini ternyata juga sangat berkhasiat sebagai antiseptik, seperti juga yang terdapat pada daun pandan dan lengkuas. Oleh karena itu, daun suji juga bisa mengatasi kencing bernanah. Tentunya kencing bernanah ini adalah penyakit yang sangat menyakitkan. Pasalnya setiap kali kencing, urin yang keluar akan diikuti dengan nanah. Nah, sifat antiseptik dari daun suji inilah yang dapat membunuh kuman dan bakteri penyebab kencing bernanah. 

Berikut cara membuat ramuan daun suji untuk memgatasi kencing bernanah. Pertama-tama siapkan daun suji sebanyak 10 lembar lalu cuci dengan air mengalir, kemudian rebus dengan menggunakan air sebanyak 500ml dan rebus sampai tersisa setengahnya. Minum rwbusan daun suji setiap pagi dan sore, sebanyak 2 gelas sekali minum.

Sat, 30 Nov 2019 @12:36


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Artikel Terbaru
Produk Utama
Komentar Terbaru
Testimoni













Copyright © 2019 padepokanintisemesta.com · All Rights Reserved



Powered By sitekno