image

Pangeran Sukma Jati

081296609372


Perumahan Maharani Village Blok D.10 Jalan. Cigugur Girang Kp. Sukamaju Rt/Rw 05/05 Desa Cigugur Girang Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat. Jam praktek: Pk. 08.00 s.d 17.00 WIB
WORKSHOP / GATHERING
TESTIMONIAL & GALLERY KEGIATAN

Lencana Foto / Facebook
Chat dengan Pangeran

081910095431
081296609372

081296609372
081296609372

Jam praktek: Pk. 10.00 s.d 17.00 WIB

SOCIAL MEDIA SUKMA JATI

SLINK

Keramat Ranu Pakis di Klakah, Lumajang, Jawa Timur Peristirahatan Raja Hayam Wuruk

Perlu diketahui, sebutan Ranu tidak ada bedanya dengan danau, sebutan Danau bagi para Tapal Kuda. Mulai dari Pasuruan hingga Situbondo dari Lumajang, Jember dan Bondowoso Danau tersebut di sebut Ranu.

Danau-danau yang berada di sekitaran gunung Lamong di Klakah, Lumajang itu dikenal sebagai maar. Maar terjadi akibat letusan vulkanik yang berbentuk bundar dan berdinding terjal. Tidak heran, kalau dari puncak Gunung Lamong. Ranu-ranu yang berada di sekitar Gunung terlihat indah, lantaran tampak seperti kolam kecil yang bertebaran.

Tidak ubahnya dengan Ranu yang lainnya, Ranu pakis adalah sebuah danau yang dikelilingi kehijauan pohon-pohon dan digunakan sebagai penakaran ikan. Keelokan dan panorama Ranu pakis tidak lepas dari hutan belantara dan merahnya sinar matahari sore, membuat suasana Ranu terlihat mempesona.

Terlebih lagi udara yang masih alami dan terasa segar sat dihirup, serta air bersih. Tentunya akan menjadikan Ranu Pakis menjadi lokasi wisata yang memiliki suasana yang menyenangkan bagi para pengunjung. Dengan begitu berlama-lama di lokasi Ranu merupakan niatan dari seseorang ketika mengunjungi danau-danau yang menakjubkan tersebut.

 

Damai dan Sejuk

Keberadaan Ranu ini sepertinya mempunyai cerita nistik atau cerita tutur tersendiri, yang hingga hari ini diyakini oleh warga sekitar Ranu, seperti halnya Ranu Pakis.

Konon, Ranu ini dipercaya masyarakat sekitar dengan kemistisannnya karena dulunya sering digunakan Raja Hayam Wuruk dari kerajaan Majapahit untuk beristirahat ketika melakukan perjalanan kewilayah Timur. Melihat saat itu kerajaan Majapahit yang sangat luas dan terbagi dua wilayah. Dan Lumajang dulunya merupakan wilayah Majapahit wilayah Timut hingga Blambangan (Banyuwangi).

Menurut warga sekitar, tidak jarang kalau sang Raja datang, beliau sering kali duduk berlama-lama untuk menikmati keindahan panorama sekitar Telaga. Tentunya hal itu tidak terlepas dari keindahan dan panorama yang ditawarkan Ranu Pakis, ketika berada disana. Udara yang masih alami, suasana disekitaran Ranu sangat terasa dmaai, membuat sang Raja akan betah berada di sekitaran Ranu.

Fri, 6 Dec 2019 @11:14


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Artikel Terbaru
Produk Utama
Komentar Terbaru
Testimoni













Copyright © 2020 padepokanintisemesta.com · All Rights Reserved



Powered By sitekno