image

Pangeran Sukma Jati

081296609372


Perumahan Maharani Village Blok D.10 Jalan. Cigugur Girang Kp. Sukamaju Rt/Rw 05/05 Desa Cigugur Girang Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat. Jam praktek: Pk. 08.00 s.d 17.00 WIB
WORKSHOP / GATHERING
TESTIMONIAL & GALLERY KEGIATAN

Lencana Foto / Facebook
Chat dengan Pangeran

081910095431
081296609372

081296609372
081296609372

Jam praktek: Pk. 10.00 s.d 17.00 WIB

SOCIAL MEDIA SUKMA JATI

SLINK

Obati Luka Ala Rasulullah Dengan Abu Papirus

Dalam peristiwa jihad tersebut, topi baja beliau pecah, wajahya terluka dan ada giginya yang pecah. Puteri tercinta beliau Fathimah RA dengan sigap melakukan tindakan dan dibantu dengan sayyidina Ali bin Abi Thalib RA suaminya, dibersihkannya darah yang keluar. Melihatnya terus mengucur dengan cepat ia pergi mengambil sesobek tikar lalu dibakar. Lalu abu tikar itu ditaburkan pada luka ayahnya dan dengan izin Allah SWT berhentilah darah itu.

Dari Abu Hazm RA bahwa ia mendengar Sahl bin Sa'ad RA ditanya tentang obat yang digunakan untuk mengobati luka Nabi Muhammad SAW sewaktu perang uhud. Ia berkisah "wajah beliau pecah, gigi serinya pecah. Fathimah Azzahra membersihkan darahnya dan Ali bin Abi Thalib menuangkan kepadanya air dengan perisai. Ketika Fathimah melihat bahwa air tidak menahan darah kecuali semakin banyak, ia mengambil sepotong tikar, lalu membakarnya hingga menjadi abu, lalu leketakannya pada luka itu, maka berhentilah darah yang mengalir." (HR. Bukhari dan Muslim).

Menurut sebuah keterangan, tikar tersebut terbuat dari tumbuhan papirus. Papirus (Cyperus Papyrus) adalah sejenis tanaman air yang lazim dibuay kertas tulis dalam peradaban kuno. Ia banya dijumpai ditepi dan lembah Sungai Nil, Mesir kala itu. Sekitar tahun 3500 SM, bangsa Mesir Kuno adalah mengolahnya menjadi lembaran-lembaran serupa kertas. Di jazirah Arab, tanaman ini lazim dibuat kertas untuk menulis al-qur'an dibuat tikar serta untuk pengobatan.

Sebagai obat luka, masyarakat tradisional menggunakan papirus dengan cara dibakar lalu abunya ditaburkan pada luka. Darah yang mengalir akan mampet olehnya. Tanaman ini mengandung banyak garam mineral yang akan mengabu bila dibakar. Partikel abu ini dapat mencapai ukuran tepung perekat yang mampu menahan pendarahan berkelanjutan. Papirus yang dibakar akan menghasilkan abu yang steril selain berkhasiat menghentikan pendarahan, juga membantu membersihkan luka dan membentuk pembalut yang mencegah masuknya mikroba yang berdampak negatif bagi luka.

Selain sebagai obat luka, abu papirus juga berkhasiat memberhentikan darah mimisan. Caranya dengan meniupkannya kehidung yang mimisan bersama atau tanpa dicampur cuka. Menurut Ibnu Sina, papirus bersifat dingin-kering. Selain sebagai obat luka, abunya juga bisa digunakan untuk mengobati kanker mulut dan mencegah perambatan kanker ganas.

Di Indonesia, tumbuhan papirus lazim dijadikan tanaman hias yang biasanya ditempatkan di dalam kolam taman. Bila ingin mengoleksi tanaman ini untuk persediaan obat alami, coba mencari bibitnya di kios tanaman hias.

Mon, 13 Jan 2020 @07:29


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Artikel Terbaru
Produk Utama
Komentar Terbaru
Testimoni













Copyright © 2020 padepokanintisemesta.com · All Rights Reserved



Powered By sitekno