image

Pangeran Sukma Jati

081296609372


Perumahan Maharani Village Blok D.10 Jalan. Cigugur Girang Kp. Sukamaju Rt/Rw 05/05 Desa Cigugur Girang Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat. Jam praktek: Pk. 08.00 s.d 17.00 WIB
KEGIATAN & WORKSHOP
TESTIMONIAL & GALLERY FOTO

Facebook Instagram Youtube
Chat dengan Pangeran

081910095431
081296609372

081296609372

Jam praktek: Pk. 10.00 s.d 17.00 WIB

SOCIAL MEDIA PANGERAN SUKMA JATI

SLINK

Mengukur Kekuatan Tuah Keris Pandito Semedi (Sawab Kepemimpinan dan Tauladami Prajurit)

Semasa kerajaan Majapahit, Singasari masibberada satu pusaka yang menjadi piandel para petinggi dikedua kerajaan yang berada di Jatim itu, (Trowulan, Mojokerto dan Malang). Yakni keris Pandito Semedi, jenis keris ini tidak memiliki pamor dengan panjang tak kurang dari sekilanan tangan orang dewasa. Kendati tergolong pendek dan kecil, akan tetapi yoni yang menempel pada sebilah keris ini dipercaya sangat tinggi. Oleh sebab itu, tidaklah heran jika para petinggi dikedua kerajaan itu selalu memiliki pusaka tersebut.

Pandito semedi, menjadi salah satu tosanaji yang bersawab kepemimpinan. Tuah yang ada di dalam keris tersebut dipeecaya sanggup menjadikan sebagai sosok yang disegani, menjadi tauladan sekaligus sanggup mengemban rasa tanggungjawab yang maha besar.

Pandito semedi tergolong keris yang langka dan juga sepuh serta wutuh. Langka yang sangat sulit dicari duanya, sepuh tergolong keris yang tua dan wutuh bahwa tosanaji yang satu ini hadir tanpa cacat. Tampulannya sempurna dari mulai ujung bilah sampai kebawah, hingga tak heran bahwa keberadaan dan warisan leluhur yang satu ini terus dicari para peminat tosanaji sampai sekarang.

Pandito semedi tergolong keris yang pamilih, dimana tidak setiap orang cocok merawat atau memilikinya ini semata-mata karena yoni keris yang sangat tinggi. Artinya hanya orang-orang tertentu yang memiliki garis keturunan sebagai seorang pemimpin. Seandainya terjadi Panditi Semedi dimiliki dan dirawat oleh mereka orang-orang yang bertipe berangasan, culas, dan sombong, pasti sawab yang ada di dalam keris tersebut akan pergi, hingga menjadikan tosanaji ini tak ubahnya sebilah besi yang wujudnya keris. Tidak memiliki kekuatan apa-apa, karena kosong ditinggal penghuni gaibnya, layaknya sebuah rumah yang tanpa penghuni yang suwung.

 

Tergolong Keris Tua

Lantaran tergolong keris tua menjadikan Pandito Semedi sulituntuk dicari duplikatnya. Keris Pandito Semedi memiliki ciri khas yang unik sekaligus sulit ditiru. Pada bagian bawah terdapat seseorang (yang digambarkan sebagai pandita) dalam posisi duduk seperti orang sholat dengan telunjuk kanan menuding ke depan. Orang tersebut mengenakan mahkota laksana raja, tampilan ini menggambarkan bahwa keris ini adalah wujud keris yang baik dan diperuntukkan bagi mereka orang-orang yang baik. Menyembah kepada sang pencipta dengan penuh rasa ikhlas, melepaskan semua kesombongan dan rasa congkak yang ada dalam hati. Karenanya seperti tertulis di atas hanya orang-orang yang berhati bersihlah yang cocok merawat keris ini, itu sebabnya Pandita Semedi tergolong keris yang pamilih. Lantaran sawabnya yang tergolong tinggi pada akhirnya menepatkan warisan leluhur yang satu ini sebagai tosanaji yang wajib untuk dijaga keberadaannya. Werangka yang cocok adalah kayu cendana, trembalo dan sengon, dan minyak cendana. Kemudian yang tak boleh abai bagi pemiliknya adalah menjamasnya, tidak mesti harus di bulan suro. Manakala dianggap kotor oleh debu atau yang lain, Pandito Semedi dijamaspun tidak apa.

Tue, 6 Oct 2020 @10:36


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Produk Utama
Komentar Terbaru
Testimoni













Copyright © 2020 padepokanintisemesta.com · All Rights Reserved



Powered By sitekno