image

Ki Sukma

081296609372


Perumahan Maharani Village Blok D.10 Jalan. Cigugur Girang Kp. Sukamaju Rt/Rw 05/05 Desa Cigugur Girang Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat. Jam praktek: Pk. 08.00 s.d 17.00 WIB
KEGIATAN & WORKSHOP
TESTIMONIAL & GALLERY FOTO

Facebook Instagram Youtube
Chat dengan Pangeran

081910095431
081296609372

081296609372

Jam praktek: Pk. 10.00 s.d 17.00 WIB

SOCIAL MEDIA PANGERAN SUKMA JATI

Mengangkat Kembali Peninggalan Leluhur Sunda Lestarikan Hajat Puseur Dayeuh Pabaru Sunda

image

Mengangkat Kembali Peninggalan Leluhur Sunda
Lestarikan Hajat Puseur Dayeuh Pabaru Sunda

Ada yang unik di tahun 2017 di tanah Sunda, dimana penanggalan kalender Sunda kembali digalakkan oleh Pemerintah Kota Bandung yang didukung langsung oleh Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil tept di dalam merayakan Tahun Baru Caka Sunda beberapa saat lalu.

Tahun baru Caka Sunda jatuh bertepatan dengan tanggal 1 Suklapaksa, bulan kartika, tahun 1954 Caka Sunda. Artinya, Tahun Baru Sunda jatuh pada Selasa 29 Agustus kemarin. Pada sistem penanggalan, pergantian hari terjadi pada sore hari, saat bulan 'separuh terang' dan 'separuh gelap', pukul 15.12 WIB.

Hal ini dijelaskan pada sesi Sawala Luhung pada acara Hajat Puseur Dayeuh Pabaru Sunda yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung di Cikapundung River Spot, jalan Sukarno. Sawala tersebut dihadiri oleh para pakar, yakni Muji Raharto, S, Sobirin, Hokky Sitongkir, K.H. tantowi, Miranda H. Woharja dan Setia Jaya Rasidi.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil pun datang langsung ke lokasi tepat pada saat  pergantian tahun itu. Ia hadir untuk menanamkan pohon Kihujan sebagai rangkaian dalam acara tersebut dan menerima kalender Sunda secara simbolis dari para pakar. Usai menanam pohon, pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan bahwa momen pergantian tahun tersebut merupakan hari bersejarah. Sebab mulai tahun ini di Kota Bandung, Tahun Baru Sunda akan selalu diperingati, sebagaimana warga bandung memperingati tahun Baru Masehi dan tahun Baru Hijriyah.

"Di acara ini", hajat Puseur Dayeuh' jadi tanda memulai tradisi baru untuk melestarikan Pabaru Sunda. Di Kota Bandung akan ada tiga tradisi tahun baru, Masehi, Hijriyah, dan Sunda ujar Emil. Emil bahkan mengintruksikan agar tahun baru ini tidak hanya diperingati oleh pemerintah, tetapi juga masyarakat. Menurutnya, inilah cara untuk melestarikan Budaya Sunda.

"Mulai Tahun depan setiap perayaan tahun Baru Sundaharus dirayakan di 30 kecamatan dan 151 kelurahan. dengan hadirnya semangat ini Insya Allah kebudayaan Sunda bisa kita lestarikan secara menyeluruh dan paripurna" katanya.

Terlebih lagi, Bandung adalah  Ibu Kota Provinsi Jawa Barat dimana pusat upaya pelestarian budaya seharusnya berada. Maka dari itu, ia mendorong agar Bandung selalu menjadi pelopor pelestarian budaya sunda.

"Dengan begitu, kita bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri, dengan semangat kekompakkan dari semua pihak, untuk menjaga semangat kesundaan ini tetap kokoh," katanya.

Posmo

Punya masalah hidup yang tak kunjung selesai? Temukan solusinya bersama Spiritualis Kondang Pangeran Sukma Jati (Ki Sukma - Sobat Mistis Trans 7)

PRAKTEK DI 3 KOTA

Jakarta

Jl. Mampang Prapatan Raya, Jakarta Selatan
Gedung Graha Krama Yudha
Untuk pendaftaran silahkan buat appointment (janji) via nomor Hp di bawah ini.
Jam praktek: Pk. 09.00 s.d 17.00 WIB

Bandung (Pusat)

Perumahan Maharani Village Blok D.10 Jl. Cigugur Girang Kp. Sukamaju Rt/Rw 05/05 Desa Cigugur Girang Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat. Jam praktek: Pk. 09.00 s.d 17.00 WIB

Untuk pendaftaran silahkan buat appointment (janji) via nomor Hp di bawah ini.

Banten

Jl. Ki Mudakkir, Link. Cigading, Cilegon - Banten.

Untuk pendaftaran silahkan buat appointment (janji) via nomor Hp di bawah ini.

Tlp/ Hp. 081296609372 (WhatssApp dan Telegram) dan 081910095431 (WhatsApp)

Sat, 16 Oct 2021 @12:01


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Artikel Terbaru
Produk Utama
Komentar Terbaru
Testimoni













Copyright © 2021 padepokanintisemesta.com · All Rights Reserved



Powered By sitekno