Mengenal Reiki

Reiki berasal dari kata dalam bahasa Jepang, yaitu Rei yang berarti Alam Semesta dan Ki yang berarti Energi Kehidupan. Oleh karena itu makna bebas dari Reiki adalah energi kehidupan yang berasal dari alam semesta. Dalam terminology barat energi ini secara umum disebut sebagai Universal Life Force Energy. Dalam disiplin esoteris Jepang, Reiki adalah salah satu dari tujuh macam "Ki" yang bekerja di tubuh manusia, dimana Ki Lainnya adalah: Kekki,Shioke, Mizuke, Kuki, Denki dan Jiki. Selain itu, dalam disiplin esoteris Jepang juga dikenal sebuah ki yang bekerja di luar tubuh manusia, bahkan bekerja di fenomena non materi, Ki ini dinamakan dengan Shin Ki. Beberapa sistem esoteris menamakan Shin Ki ini sebagai "energi chakra Illahi".

Dalam seni penyembuhan holistik dipercaya bahwa energi kehidupan memberikan pengaruh dominan ke seluruh aspek kehidupan, termasuk mempengaruhi kualitas kesehatan fisik, mental, emosional, bahkan mempengaruhi potensi kemakmuran seseorang. Oleh karena itu sejak zaman dahulu kala pengetahuan mengenai energi kehidupan ini telah dikembangkan manusia sebagai salah satu pengetahuan penting untuk membantu kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu energi kehidupan ini dikenal dalam berbagai istilah yang berbeda, antara lain: Chi di China, Mana di wilayah Polynesia, Prana di India, Barraka di negeri-negeri islam, dll. Selanjutnya untuk mempermudah, digunakan istilah Ki untuk menyingkat istilah energi kehidupan atau Universal Life Force Energy ini.

Ki dan Kesehatan Tubuh

Agar dapat hidup sehat, maka manusia tidak saja membutuhkan makanan dan minuman, akan tetapi juga membutuhkan Ki. Jika makanan dan minuman merupakan kebutuhan bagi tubuh fisik, maka Ki merupakan kebutuhan bagi tubuh nonfisik, atau sering kali disebut sebagai tubuh eterik. Antara tubuh fisik dan tubuh nonfisik memiliki relasi yang sangat erat, dan saling mempengaruhi antara satu dengan lainnya. Jika terjadi gangguan pada sistem tubuh eterik, maka secara cepat atau lambat akan diikuti pula oleh gangguan pada tubuh fisik yang biasanya ditunjukkan dengan fenomena sakit. Sebaliknya jika sistem tubuh eterik selalu selaras dan terjaga dengan baik, maka tubuh fisikpun akan sehat.

Konsep Dasar Penyembuhan Holistik

Dalam penyembuhan Holistik dipercaya bahwa pada saat tubuh fisik seseorang mengalami sakit, maka pada saat yang sama pula tubuh eterik yang terkait dengan tubuh fisik tersebut akan mengalami gangguan. dengan suatu teknik holistik, maka seorang penyembuh holistik akan melakukan perbaikan di tubuh eterik tersebut agar selaras kembali, dimana selanjutnya secara cepat atau lambat tubuh fisik yang sakit akan berangsur pulih.

Sejak jaman dahulu kala manusia telah mengembangkan berbagai teknik penyembuhan holistik , dan pada umumnya memiliki karakteristik dasar yang sama, yaitu bekerja dan mempengaruhi sistem tubuh eterik. Berbagai teknik yang cukup dikenal pada saat ini antara lain: Pranic Healing, Qi Gong, Crystal Healing, Kahuna dan masih banyak lagi. Perbedaan setiap teknik pada umumnya adalah proses penanganan Ki yang berbeda walaupun Ki yang dipergunakan adalah Ki yag relatif sama dan berasal dari sumber yang sama, yaitu alam semesta.

Reiki-Ho

Salah satu sistem penyembuhan holistik yang dapat memanfaatkan "Reiki" secara optimal adalah "Reiki-Ho". Reiki-Ho adalah suatu sistem yang diketemukan oleh Dr. Mikao Usui yang berasal dari Jepang, melalui proses meditasi selama beberapa waktu di Gunung Kurama pada bulan Maret 1922.

Secara populer Reiki-Ho sering juga dikenal sebagai salah satu "seni penyembuhan melalui tangan", karena pada umumnya para praktisi Reiki-Ho menyalurkan energi melalui kedua belah telapak tangannya sewaktu melakukan penyembuhan. Walaupun tergolong sebagai "seni penyembuhan melalui tangan" yang mungkin terlihat sederhanma, akan tetapi di balik itu Reiki-Ho memiliki karakteristik yang sangat khusus sebagai suatu teknik penyembuhan holistik yang sangat efektif untuk menanani berbagai kasuspenyakit berat maupun ringan. Reiki-Ho merupakan suatu teknik penyembuhan holistik yang memanfaatkan energi kehidupan yang terdapay dalam jumlah berlimpah ruah di alam semesta ini.

Pada hari ini Reiki-Ho merupakan suatu teknik penyembuhan holistik yang terpopuler di seluruh dunia, dimana belum pernah terjadi sebelumnya suatu teknik penyembuhan holistik dapat menyebar dengan cepatnya ke lima benua. Bahkan kini Amerika Serikat menjadi salah satu negara pusat pengembangan Reiki-Ho yang terbesar di dunia, dengan jumlah praktisi Reiki-Ho (tahun 2002) lebih dari 200.000 orang. Selain itu di Amerika Serikat terdapat beberapa Rumah Sakit yang telah menempatkan Reiki-Ho sebagai salah satu treatment resmi disamping penyembuhan medis berdasarkan ilmu kedokteran. Rumah-rumah sakit ini antara lain: Tucson Medical Center (Arizona), Portsmouth Regional Hospital (New Hampshire), dan California Pacific Medical Center (California).

Popularitas Reiki-Ho tidak terlepas dari sifat-sifat praktis dari Reiki-Ho yang sangat sesuai dengan budaya masyarakat modern yang cenderung menginginkan sesuatu yang serba praktis dan  instan. untuk mempelajari reiki-Ho seseorang tidak perlu membuang waktu terlalu banyak. Setelah mendapatkan  inisiasi Reiki-Ho, maka dalam waktu seketika itulah seseorang akan memiliki kemampuan yang sangat ajaib, yaitu dapat menyerap energi dari alam semesta dengan cara yang sangat mudahnya, dan dapat menyalurkannya kembali melalui kedua telapak tangannya untuk berbagai keperluan dengan cara yang sama mudahnya pula.

Untuk mempelajari Reiki-Ho seseorang tidak perlu mempersiapkan apapun juga. Dalam mempelajari Reiki-Ho tidak dibutuhkan latar belakang pengetahuan khusus ataupun kemampuan dasar khusus. Reiki-Ho merupakan teknik esoteris yang bersifat universal, dan dapat dipelajari oleh siapapun juga yang berminat. Kemampuan Reiki-Ho tidak didapatkan melalui proses latihan fisik tertentu ataupun melalui rangkaian latihan spiritual khusus, melainkan melalui suatu proses inisiasi yang dikenal dengan istilah Attunement atau penyelarasan yang hanya dapat dilakukan oleh seorang Reiki Master (praktisi Reiki-Ho tingkat tertinggi). Melalui proses attunement ini maka kemampuan Reiki-Ho seseorang dalam beberapa menit akan terbangkit secara permanen.

Salam Bahagia,

Aku Mengasihimu

Maafkan Aku

Terimakasih

Ao Akua/ Kedamaian Berawal dari Saya

*RM. Pangeran Sukma Jati SMT*

Wed, 21 Mar 2012 @07:14


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 5+0+7

Produk Utama
Semua Produk
Kategori Produk
SLINK
Komentar Terbaru
Testimoni
image
image
Rahasia Debus Banten
Lencana Foto
Facebook
Chat dengan Pangeran

Back to Top

Copyright © 2014 padepokanintisemesta.com · All Rights Reserved